Kunjungan ke the University of Adelaide Tingkatkan Kemampuan Riset

Meeting dengan peneliti dari The University of Adelaide

Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan mendapatkan undangan untuk berkunjung ke the University of Adelaide, Australia pada Desember 2018. Kunjungan dilakukan dalam rangka mentoring dan supervisi proyek penelitian yang dilakukan oleh Ns. Kurnia Rachmawati, MNSc.

Seperti diketahui bahwa pada tahun 2017-2018 Ns. Kurnia melakukan kolaborasi riset dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan dan the University of Adelaide, mengusung pendanaan dari Australia Alumni Grant Scheme (AGS) yang digulirkan oleh Kedutaan Besar Australia. Riset berfokus pada upaya meningkatkan penggunaan hasil penelitian (evidence utilization) oleh petugas Puskesmas untuk menurunkan angka kematian neonatus di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Kesempatan kunjungan ini utamanya dimanfaatkan untuk supervisi perkembangan proyek penelitian yang sudah berjalan lebih dari satu tahun. Kemudian mentoring penelitian, dan juga kolaborasi dalam penulisan artikel ilmiah di jurnal internasional”, tutur Ns. Kurnia.

Hadir dalam mentoring dan supervisi riset yaitu Dr. Tim Schultz, Associate Professor Lynette Cusack, Dr Rick Wiechula, dan Professor Gillian Harvey. Tidak sendiri, Ns. Kurnia hadir bersama rekan peneliti dan akademisi Ns. Setho Hadisuyatmana, M.Ns (Comhlt&PC) dari Universitas Airlangga.

“Bersyukur mendapatkan kesempatan ini. Banyak ilmu, pengalaman yang dibagi oleh mereka, dan menurut saya, merupakan kesempatan emas untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian terutama untuk akademisi ULM seperti saya. Mereka adalah sosok-sosok yang berdedikasi dan memiliki pengalaman penelitian luar biasa”, lanjut Ns. Kurnia.

Penelitian merupakan salah satu pilar utama Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen didorong untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian. Kolaborasi penelitian juga terus dipacu untuk meningkatkan jejaring akademis yang luas. Diharapkan kolaborasi penelitian akan bermanfaat, dalam meningkatkan kapasitas riset dosen, dan dalam lingkup yang luas, berdampak positif bagi kesehatan masyarakat.